RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs | : | ................................ |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | VII / 2 |
Alokasi Waktu | : | 8 Jam pelajaran (4 x pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapatkan informasi keruangan.
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
- Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan Globe.
- Mengidentifikasi jenis-jenis peta.
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta.
- Menjelaskan pemanfaatan peta dengan penuh percaya diri.
- Bekerjasama.
Pertemuan 2
- Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur dengan teliti/cermat.
- Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
- Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat di atlas.
Pertemuan 3
- Mengartikan berbagai skala dengan teliti/cermat.
Pertemuan 4
- Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat bersama-sama dengan teliti/cermat.
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian peta, atlas, dan globe.
2. Jenis peta :
Peta umum
Peta tematik (khusus)
3. Bentuk peta:
Peta datar
Peta timbul
4. Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur.
5. Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
6. Penggunaan indeks dan daftar isi pada atlas.
7. Skala peta:
Skala angka
Skala garis
8. Memperbesar dan memperkecil peta.
E. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Inquiri
3. Tanya jawab
4. Simulasi
5. Observasi /Pengamatan
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
- Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
- Apersepsi: Tulislah rute perjalananmu dari rumah ke sekolah!
- Motivasi:
- Peserta didik diminta untuk saling bertukar tulisan tentang rute perjalanan tersebut dengan temannya, kemudian ditanya “Mudah atau sukarkah kamu menemukan rumah temanmu dengan uraian rute perjalanan tersebut?”
- Alat bantu apakah yang dapat memudahkan untuk menemukan rumah temanmu tersebut?
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
- Peserta didik dibagi dalam empat kelompok.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta, atlas, dan globe:
- Kelompok 1 : Perbedaan peta, atlas, dan globe
- Kelompok 2 : Perbedaan unsur-unsur peta dan atlas.
- Kelompok 3 : Simbol-simbol pada peta dan contoh-contohnya.
- Kelompok 4 : Jenis-jenis peta beserta contoh-contohnya
- Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.
- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
- Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah didiskusikan.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kerjasama, tanggung jawab, saling menghargai pendapat, percaya diri, adil).
c. Penutup
- Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
- Penilaian
- Refleksi : Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari peta, atlas, dan globe.
- Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari letak geografis, pemanfaatan atlas, dan globe (contoh nilai yang ditanamkan: antisipatif).
- Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
- Ke luar kelas dengan tertib pada waktunya (contoh nilai yang ditanamkan: tertib, disiplin).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar